Wednesday, March 28, 2012

Tugas SPK : Masalah Antrian Pada Waktu Cetak KRS

Gejala: Banyaknya antrian mahasiswa pada saat melakukan cetak KRS. 
pada saat saya melakukan cetak KRS semester ganjil, sudah terdapat antrian sangat banyak diruang AAK setelah saya menyelesaikan KRS(rencana studi) yang akan diambil untuk semester ganjil didosen wali. dimana terdapat banyak mahasiswa yang sudah mengantri untuk mencetak KRS ,Masalah yang disebakan gejala tersebut diatas adalah: 


1.Dikarenakan petugas masih mengiputkan NIM mahasiswa secara manual sehingga kurang cepat petugas AAK dalam memberikan layanan kepada mahasiswa  
2. Printer yang dimiliki AAK cuma 1 unit saja dan kerja printer sendiri sangat lambat . 
3. Saya lihat kurang tertibnya dari mahasiswa sendiri dalam mengantri (bergerumbul/nitip KTM pada temannya yang sudah mengantri sebelumnya) ini yang menyebabkan antrian sangat banyak.


Solusi
1. Inputan NIM mahasiswa menggunakan Barcode / RFID sehingga kerja petugas jauh lebih cepat .
2. Penambahan printer 2 unit di rasa sudah cukup untuk mengurangi antrian mahasiswa dan memilih printer yang prosesnya cepat saat ngeprint, mungkin bisa memakai yang lasser jet sehingga mencetak super cepat .
3. Mungkin solusi bagi mahasiswa dateng lebih pagi, dan mengantri dengan tertib dan tidak bergerumbul saat mencetak KRS.
4. Memberikan kartu antrian pada mahasiswa sehingga bisa teratur dalam mencetak KRS.
5. Menambah menu inputan DI SIIS dalam mencetak KRS, dimana setelah mahasiswa sudah menyetujui KRS yang diambil, mahasiwa Scan KTM yang sudah menggunakan Barcode / Rfid pada mesin SIIS yang tersedia dan mahasiswa langsung mencetak langsung KRS tersebut.

No comments:

Post a Comment